ADIWIYATA

Adiwiyata ?
Apa itu ?
oh ternyata adiwiyata itu penghargaan di bidang lingkungan yang di kasih ke sekolah2 yang sudah memenuhi kriteria adiwiyata toh .
Asal kata Adiwiyata itu dari mana ?
Adiwiyata itu berasal dari kata sansekerta yang namanya Adi dan Wiyata.
Adi mempunyai arti : besar,agung,baik,ideal,atau sempurna . Sedangkan Wiyata mempunyai arti : tempat dimana seseorang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan,norma,dan etika dalam kehidupan sosial. Kalau kita gabungin dua kata itu maka akan menjadi ADIWIYATA yang artinya : tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pegetahuan dan berbagai norma serta etika yang menjadi dasar bagi manusia agar dapat mencapai kesejahteraan dalam hidup kita dan dapat menuju kepada cita2 pembangunan yang berkelanjutan


Apa yang menjadi tujuan dari program adiwiyata ?
tujuan dari program adiwiyata yaitu dapat menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar dapat menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran bagi warga sekolah sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat untuk bertanggung jawab dalam upaya2 penyelamatan lingkungan hidup dan pembagunan yang berkelanjutan .



Apa Dasar Norma Dalam Program Adiwiyata ?

Program dan kegiatan yang dikembangkan harus berdasarkan norma-norma dasar dan berkehidupan yang meliputi antara lain: Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.



 Apa Prinsip-prinsip Dasar dalam Program Adiwiyata ?

•  Partisipatif: Komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab dan peran.
•  Berkelanjutan: Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.



Apa Keuntungan mengikuti Program Adiwiyata ?
Keuntungan yang diperoleh sekolah dalam mengikuti Program Adiwiyata adalah:
•  Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah dan penggunaan berbagai sumber daya.
•  Meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan konsumsi berbagai sumber daya dan energi.
•  Meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah.
•  Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.
•  Meningkatkan upaya menghindari berbagai resiko dampak lingkungan negatif dimasa yang akan datang.
•  Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar.



INDIKATOR DAN KRITERIA PROGRAM ADIWIYATA
Dalam mewujudkan Program Adiwiyata telah ditetapkan 4 (empat) indikator :

A.   Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan

Untuk mewujudkan Sekolah yang Peduli dan Berbudaya Lingkungan maka diperlukan beberapa kebijakan sekolah yang mendukung dilaksanakannya kegiatan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Program Adiwiyata yaitu partisipatif dan berkelanjutan. Pengembangan Kebijakan sekolah yang diperlukan untuk mewujudkan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan tersebut adalah:
•  Visi dan Misi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
•  Kebijakan sekolah dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup.
•  Kebijakan peningkatan SDM (tenaga kependidikan dan non kependidikan) di bidang pendidikan lingkungan hidup.
•  Kebijakan sekolah dalam upaya penghematan sumber daya alam.
•  Kebijakan sekolah yang mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
•  Kebijakan sekolah untuk pengalokasian dan penggunaan dana bagi kegiatan yang terkait dengan masalah lingkungan hidup.



B. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan

Penyampaian materi lingkungan hidup kepada para siswa dapat dilakukan melalui kurikulum secara terintegrasi atau monolitik. Pengembangan materi, model pembelajaran dan metode belajar yang bervariasi, dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang lingkungan hidup yang dikaitkan dengan persoalan lingkungan sehari-hari. Pengembangan kurikulum berbasis lingkungan hidup untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dapat dicapai dengan melakukan hal-hal berikut:
•  Pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran.
•  Penggalian dan pengembangan materi serta persoalan lingkungan hidup yang ada di mayarakat sekitar.
•  Pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya.
•  Pengembangan kegiatan kurikuler untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.

C. Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif

Untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, warga sekolah perlu dilibatkan dalam berbagai aktivitas pembelajaran lingkungan hidup. Selain itu sekolah juga diharapkan melibatkan masyarakat di sekitarnya dalam melakukan berbagai kegiatan yang memberikan manfaat baik bagi warga sekolah, masyarakat maupun lingkungannya. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan oleh warga sekolah dalam mengembangkan kegiatan berbasis partisipatif adalah:
•  Menciptakan kegiatan ektrakurikuler/kurikuler di bidang lingkungan hidup berbasis partisipatif di sekolah.
•  Mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh pihak luar.
•  Membangun kegiatan kemitraan dalam pengembangan pendidikan lingkungan hidup di sekolah.
D. Pengelolaan dan atau Pengembangan Sarana Pendukung Sekolah

Dalam mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan perlu didukung sarana prasarana yang mencerminkan upaya pengelolaan lingkungan hidup. Pengelolaan dan pengembangan sarana tersebut meliputi:
•  Pengembangan fungsi sarana pendukung sekolah yang ada untuk pendidikan lingkungan hidup.
•  Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan sekolah.
•  Penghematan sumberdaya alam (air, listrik) dan ATK.
•  Peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat.
•  Pengembangan sistem pengelolaan sampah.

•  Proses Penilaian
Penilaian awal dilakukan terhadap dokumen yang berisi kuesioner dan kelengkapannya serta rencana kegiatan. Penilaian selanjutnya adalah kunjungan lapangan dalam rangka verifikasi hasil penilaian dokumen, melalui observasi dan wawancara mendalam dengan seluruh warga sekolah yang relevan. Proses penilaian dilakukan oleh tim pusat maupun tim daerah bersama dengan stakeholder terkait.

•  Pemberian Penghargaan
Penghargaan yang diberikan kepada calon Sekolah Adiwiyata dan Sekolah Adiwiyata ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup atas rekomendasi Dewan Pertimbangan Adiwiyata, yang terdiri dari pakar lingkungan dan pakar pendidikan lingkungan.
Adapun bentuk penghargaan sebagai berikut:
•  Sertifikat untuk Calon Sekolah Adiwiyata, bagi sekolah yang dapat memenuhi 4 indikator Adiwiyata di tahun 1.
•  Trophy perak untuk Sekolah Adiwiyata, bagi sekolah yang telah mengembangkan 4 indikator Adiwiyata di tahun ke-2 dan tahun ke-3.
•  Trophy emas untuk Sekolah Adiwiyata Mandiri dari Presiden RI, bagi sekolah yang selama 3 tahun berturut-turut telah menunjukkan perkembangan kinerja 4 indikator Adiwiyata secara konsisten.

Penghargaan Adiwiyata 2010
     Penghargaan Adiwiyata 2010 kembali diberikan kepada sekolah-sekolah yang yang telah berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Penganugerahan penghargaan Adiwiyata 2010 ini merupakan yang kelima kalinya sejak program ini dilaksanakan pada 2006.
     Penghargaan Adiwiyata bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan melalui lembaga pendidikan formal mulai Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas se Indonesia. Proses seleksinya didasarkan pada 4 kriteria yang meliputi pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis linkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan atau pengembangan sarana pendukung sekolah.
          Penghargaan Adiwiyata merupakan rangkaian pemberian penghargaan terhadap individu dan lembaga (institusi) dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia. Selain penganugerahan penghargaan Adiwiyta, pemerintah juga memberikan penghargaan Kalpataru dan Adipura.
     Penghargaan Adiwiyata terbagi dalam 3 kategori yaitu Sekolah Adiwiyata Mandiri, Sekolah Adiwiyata, dan Sekolah Calon Adiwiyata. Adiwiyata Mandiri diberikan kepada sekolah-sekolah yang mampu mempertahankan program-program lingkungan hidup mereka selama tiga tahun berturut-turut. Berikut daftar sekolah yang memperoleh penghargaan Adiwiyata Tahun 2010.

Sekolah Adiwiyata Mandiri :
  1. SDN CIPANENGAH CBM, Kota Sukabumi, Jawa Barat.
  2. SDK THERESIA, Kota Surabaya, Jawa Timur.
  3. SD KANISIUS KALASAN, Kab. Sleman, DI.Yogyakarta.
  4. SDN SUMBERSONO, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.
  5. SD TUNJUNG SEKAR I, Kota Malang, Jawa Timur.
  6. SDN 03 BALIKPAPAN, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
  7. SDN PANGGANG 04, Kab. Jepara, Jawa Tengah.
  8. SDN KEMBANG MALANG, Kab. Kulonprogo, DI.Yogyakarta.
  9. SMPN 7, Kota Bandung, Jawa Barat.
  10. SMPN 1 DLANGGU, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.
  11. SMPN 5, Kota Malang, Jawa Timur.
  12. SMPN 1 SUKODONO, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
  13. SMPN 2, Kota Bitung, Sulawesi Utara.
  14. SMPN 4 MENDOYO, Kabupaten Jembrana, Bali.
  15. SMPN 24, Kota Padang, Sumatera Barat.
  16. SMPN 1 LURAGUNG, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
  17. SMPN 4, Kota Denpasar, Bali.
  18. SMAN 5, Kota Malang, Jawa Timur.
  19. SMA SEMEN GRESIK, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.
  20. SMAN 2, Kota Probolinggo, Jawa Timur.
  21. SMAN 1 KUTA SELATAN , Kabupaten Badung, Bali.
  22. SMAN 5, Kota Denpasar, Bali.
  23. SMAN 2 KRAKATAU STEEL, Kota Cilegon, Jawa Barat.
  24. SMKN 1 LOSARANG, Kab. Indramayu, Jawa Barat.
  25. SMKN 3, Kota Sukabumi, Jawa Barat.
Sekolah Adiwiyata :
  1. SDN 005 BUKIT RAYA, Kota Pekanbaru, Riau.
  2. SDN 36 PONTIANAK KOTA , Kota Pontianak , Kalimantan Barat.
  3. SDN 7 TIANYAR BARAT, Kab. Karangasem, Bali .
  4. SDN 5 SINGAKERTA, Kab. Gianyar, Bali.
  5. SDN 001 LIMAPULUH, Kota Pekanbaru, Riau.
  6. SDN BANTARJATI 9, Kota Bogor, Jawa Barat.
  7. SDN KANDANGAN III, Kota Surabaya, Jawa Timur
  8. SDN 20 PONTIANAK SELATAN, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
  9. SDN DINOYO II, Kota Malang, Jawa Timur.
  10. SDN GEMARANG VI, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.
  11. SDN P 12 BENHIL, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.
  12. SDN 04 METRO TIMUR, Kota Metro, Lampung.
  13. SD ISLAM ATHIRAH BUKIT BARUGA, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
  14. SMPN 2 KEBOMAS, Kab. Gresik, Jawa Timur.
  15. SMPN 1 CIGOMBONG, Kab. Bogor, Jawa Barat.
  16. SMPN 1, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
  17. SMPN 10, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.
  18. SMPN 1 MERAKURAK, Kab. Tuban, Jawa Timur.
  19. SMPN 103 CIJANTUNG, Jakarta Timur, DKI Jakarta.
  20. SMP MUHAMMADIYAH 1, Kota Yogyakarta, DI. Yogyakarta.
  21. SMPN 10 Kota Sukabumi, Jawa Barat.
  22. SMPN 2 SUSUKAN LEBAK, Kab. Cirebon, Jawa Barat.
  23. SMPN 1 JAKENAN, Kab. Pati, Jawa Tengah.
  24. SMAN 1 BANDAR, Kab. Beuneur Meriah, NAD.
  25. SMAN 7 Kota Bekasi, Jawa Barat.
  26. SMAN 1 WERINGINANOM, Kab. Gresik, Jawa Timur.
  27. SMAN 5 Kabupaten Jember, Jawa Timur.
  28. SMAN 1 GEGER, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.
  29. SMAN 10, Kota Malang, Jawa Timur.
  30. SMAN 7, Kota Manado, Sulawesi Utara.
  31. SMAN 4, Kota Ternate, Maluku Utara.
  32. SMAN 2 Wonosari, Kab. Gunung Kidul, DI. Yogyakarta.
  33. SMKN 1 Kota Probolinggo, Jawa Timur.
  34. SMKN 1 Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
  35. SMKN 1 Kota Gorontalo, Gorontalo.
  36. SDN PETROKIMIA, Kabupaten Gresik , Jawa Timur
  37. SD AL MUSLIM , Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  38. SDN MANGUNHARJO VI, Kota Probolinggo, Jawa Timur
  39. SDK SANTA MARIA , Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  40. SDN NOGOPURO CATUR TUNGGAL, Kab. Sleman, DI Yogyakarta
  41. SD YPPSB 2 SANGATTA, Kab. Kutai Timur, Kalimantan Timur
  42. SDN 001 BALIKPAPAN SELATAN , Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
  43. SDN 10, Kota Pangkalpinang , Bangka Belitung
  44. SDN 4 PANJER, Kota Denpasar, Bali
  45. SDN 007 KECAMATAN SENAPELAN, Kota Pekanbaru, Riau
  46. SDN 016 KECAMATAN SENAPELAN, Kota Pekanbaru, Riau
  47. SMPN 8, Kota Cirebon, Jawa Barat
  48. SMP YPPSB , Kab. Kutai Timur, Kalimantan Timur
  49. SMPN 3, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat
  50. SMPN 4 MARTAPURA, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan
  51. SMPN 5 KEPANJEN, Kota Malang, Jawa Timur
  52. SMPN 1 SUMBER ASIH, Kab. Probolinggo , Jawa Timur
  53. SMPN 1 LEMBAR , Kab. Lombok Barat, NTB
  54. SMPN 2 DAYEUHKOLOT, Kab. Bandung, Jawa Barat
  55. SMPN 4, Kota Probolinggo, Jawa Timur
  56. SMA Katolik Syuradikara, Kab. Ende, Nusa Tenggara Timur
  57. SMAN 8, Kota Pekanbaru, Riau
  58. SMAN 2 SEKAYU, Kab. Musi Banyuasin, Sumatera Selatan
  59. SMAN TEMPEH, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  60. SMAN 2, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat
  61. SMAN 1, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
  62. SMAN 1, Kabupaten Pandeglang, Banten
  63. SMAN 6, Kota Denpasar, Bali
  64. SMKN 2, Kota Sukabumi, Jawa Barat
  65. SMK WIKRAMA , Kab. Bogor , Jawa Barat
  66. SMKN 1, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung
  67. SMKN 6, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Semoga penghargaan Adiwiyata ini mampu meningkatkan kesadaran lingkungan di garda depan pendidikan anak bangsa kita.





0 komentar:

Posting Komentar

What do you think about my blog ?


ShoutMix chat widget

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Foto Saya
Mohammad Qolby Islami
I'm just an ordinary boy
Lihat profil lengkapku

Pengikut